Doa Mustajab Melunasi Hutang Piutang


Doa : Selain hutang piutang,menghilangkan kegelisahan (galau) sedih dan
Demi Allah, yang jiwaku berada di tangan-Nya. Seandainya ada seseorang yang terbunuh di jalan Allah, lalu dia dihidupkan kembali, kemudian terbunuh lagi (di jalan Allah), lalu dia dihidupkan kembali, kemudian terbunuh lagi (di jalan Allah), sementara dia masih memiliki utang, dia tidak masuk surga sampai utangnya dilunasi.'"
(H.R. An-Nasa'i)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

ما من أحد يدان دينا يعلم الله أنه يريد قضاءه إلا أداه الله عنه في الدنيا

"Tidaklah ada orang yang berutang, dan Allah mengetahui bahwa ia berniat melunasi utangnya, melainkan Allah akan melunasinya di dunia."
(H.R. An-Nasa'i dan Ibnu Majah)

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam senantiasa memohon perlindungan agar tidak terlilit utang. Di antara doa beliau,

اللَّهُمَّ إِنّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأثَمِ وَالـمَـغْــرَمِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan lilitan utang.”
Dibawah ini adalah do’a Mustajab Melunasi Hutang Piutang.

” اللَّهُمَّ يَا فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّينَ ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَرَحِيمَهُمَا ، أَنْتَ تَرْحَمُنِي ، فَارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ “.

“Allahumma Ya Farijal Ham Kasyifal Gham Mujiba Da’watal Mudhthorriin Rahmanad Dunya Wal Akhirah Warahimahuma Anta Tarhamuniy Farhamniy Rahmatan Tughniniy Biha ‘Ar Rahmati Man Siwak”.

Sayyidina Abu Bakar berkata: Dulu aku ada hutang dan sebenarnya aku tidak suka berhutang, setelah aku membaca doa itu maka sebentar saja aku dikaruniakan Allah keuntungan/laba kemudian dapat membayar hutangku.

Sayyidatina ‘Aisyah berkata: Aku pernah berhutang dengan Sayyidatina Asma’ sebanyak beberapa dinar dan dirham dan aku malu setiap kali Asma melihatku, lantas aku mengamalkan doa itu, kemudian Allah memberikan karunia kepadaku berupa rezeki yang bukan merupakan dari harta warisan dan bukan juga dari sedekah maka aku dapat membayar utangku bahkan dengan doa itu aku dilimpahkan rezeki yang berlimpah.

Suatu hari Saidatina ‘Aisyah menceritakan bahwa ayahnya, Sayyidina Abu Bakar datang kepadanya (Aisyah) lantas Abu Bakar bertanya:

“Adakah engkau pernah mendengar bahwa Rasulullah mengingatkan do’a yang pernah baginda ajarkan kepadamu dahulu?” ‘Aisyah menjawab: Ya ada dan baginda juga menyebut bahawa do’a ini diajarkan oleh Nabi ‘Isa kepada sahabat-sahabatnya dan baginda menyebut: ” Dengan doa tersebut, Sekalipun seseorang itu mempunyai HUTANG setinggi gunung emas maka Allah akan selesaikan hutang itu darinya. kemudian baginda Nabi membaca doa tersebut”.
Wallahu A'laam bis shawab

(kitab Al Mustadrak & Kitab Ad Durrun Manthur oleh Imam as Sayutiy)
****

NOTES :
Dan Saudara-saudariku, yang selalu tag / menandai teman-temannya, berkomentar sopan di page ini, men-share/bagikan, dan Like, semoga termasuk dalam fadhilah hadits ini,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya (HR.Muslim)

0 Response to "Doa Mustajab Melunasi Hutang Piutang"

Post a Comment