10 Hewan yang masuk surga:


1. Onta Nabi Saleh.
Yaitu salah satu mukjizat yang diberikan ALLOH kepada Nabi Saleh yang keluar dari batu. Onta ini dibunuh oleh kaumnya, yaitu kaum Tsamud.

2. Anak Sapi Nabi Ibrahim.
Yaitu Anak sapi yang disembelih dan disuguhkan kepada ketiga tamu Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim tidak mengetahui bahwa tamu itu adalah malaikat utusan ALLOH yang menjelma menjadi manusia.

3. Kambing Nabi Ismail.
Yaitu kambing pengganti Nabi Ismail yang telah ikhlas dan pasrah ketika hendak disembelih oleh Nabi Ibrahim setelah mendapat petunjuk ALLOH.

4. Sapi Nabi Musa.
Sapi yang dikenal dengan sebutan sapi Bani Israil yang disembelih oleh Nabi Musa untuk membuktikan kepada kaumnya sebagai mukjizat yaitu dapat menghidupkan kembali mayat.

5. Ikan Nabi Yunus.
Yaitu ikan Nun yang telah menelan Nabi Yunus. Ikan tersebut akhirnya mengeluarkan Nabi Yunus dari perutnya dalam kondisi hidup.

6. Khimar Nabi Uzair.
Khimar ini merupakan tunggangan setia Nabi Uzair hingga mati.

7. Semut Nabi Sulaiman.
Yaitu semut yang ditemui oleh Nabi Sulaiman, semut yang banyak berpuasa dan separuh kurma saja tidak habis dimakannya meski dalam satu tahun lamanya.

8. Burung Hud-Hud Nabi Sulaiman.
Burung ini merupakan pembawa surat Nabi Sulaiman kepada Ratu Bilqis yang di dalamnya terdapat ajakan untuk menyembah ALLOH.

9. Anjing Ashabul Kahfi.
Anjing bernama Qithmir, merupakan anjing setia yang selalu menemani Ashabul Kahfi yang ditidurkan ALLOH selama lebih dari 300 tahun. Anjing itu mati sebelum Ashabul Kahfi bangun dari tidurnya.

10. Onta Nabi Muhammad SAW.
Onta ini datang ketika Rasulullah tengah dalam peperangan dan bercerita bahwa dirinya (onta ini) akan disembelih pemiliknya meski tenaga onta sudah dikerahkan untuk membantu pekerjaan pemiliknya.

Onta ini akhirnya meminta perlindungan kepada Nabi Muhammad. Dan pada akhirnya onta ini dilepaskan dan bisa hidup bebas.

Sebagian riwayat ada yang mengatakan berbeda, yaitu:


(فائدة) الدواب التي تدخل الجنة من دواب الدنيا عشرة
¬ البراق
¬ ناقة صالح
¬ حمار العزير
¬ عجل الخليل
¬ كبش إسماعيل
¬ هدهد سليمان
¬ نملة سليمان
¬ كلب أهل الكهف
¬ حوت يونس
¬ بقرة بني إسرائيل

(حاشية أبى البركات سيدى أحمد الدردير)

0 Response to "10 Hewan yang masuk surga:"

Post a Comment