Syaikh Google



Imam Ahmad bin Hanbal 
hafal 1.000.000 hadis termasuk sanad dan matannya. Menuliskan sekitar 40.000 hadis

Imam Bukhari 
mengumpulkan 600.000 hadis, hafal 100.000 hadis shahih. Dan 200.000 yg tidak shahih. Menuliskannya sekitar 7.000 hadis


Imam Muslim
Mengumpulkan 300.000 hadis dan menuliskannya 12.000 hadis

Imam Abu Dawud
Mengumpulkan 50.000 hadis dan menuliskannya sekitar 4.800 hadis

Dijaman sekarang ini datang santri syech google Jamaah al-Fesbukiyah yg bahkan 1hadis shahih pun gak hafal bunyi arabnya, artinya, sanad dan matannya. Tiba2 mencela para ulama, syaikh, dan imam imam yg seluruh hidupnya total untuk agama dan akherat meninggalkan kecintaannya terhadap dunia.

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa maraknya media sosial memiliki banyak manfaat tersendiri seperti untuk memperluas jaringan dengan dunia luar sehingga memudahkan akses untuk ilmu dan belajar. Meskipun demikian kita harus mengetahui bahwa “ with great power comes great responsibility” kekuatan besar mendatangkan tanggung jawab yang besar. 

Antum bayangin saja. Jika Imam Bukhari sanggup mengumpulkan 600.000 hadis dalam waktu 16tahun. Maka secara matematik imam Bukhari mendapatkan 1buah hadis per -10menit. Dan beliau rela melakukan perjalanan yg jauhnya hingga ribuan KM untuk menyelidiki dan menemui seseorang dan hanya menanyakan 1pertanyaan "DAPAT HADIS INI DARIMANA"

Sementara antum hanya sekedar mengetik di layar plastik selebar 5inchi hasil kredit dan minta2 orang tua😀. Lalu berkata... "MENURUT SUMBER INI, HADIS ITU GA SESUAI PEMAHAMAN SAYA"

Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan di minta pertanggung jawabannya

Sumber : Facebook

0 Response to "Syaikh Google"

Post a Comment